Kemalingan !

Kemarin malem, rumah saya nyaris aja kemalingan. Alhamdulilah masih dilindungi sama Gusti Allah.

Jadi, sekitar jam 3 pagi jendela kamar saya digedor sama tetangga sebelah. Awalnya saya ngira si bude mau nganterin sarapan, karena saya kan katering tiap hari ke si bude ini. Antara sadar sama gak sadar, saya denger bude teriak,”Neng, piringnya bude ilang. Tolongin.”

Lah, pagi-pagi buta bangunin orang cuma buat ngebahas piring ilang?

Kan #KZL

Saya bangun, bukain pintu sambil terus digedor-gedor. Lalu baru ngeh setelah bude teriak rumahnya dimasuki maling. Langsung Mr. M ambil motor buat lapor ke pos satpam depan.ย  Naaahh..baru sadar ternyata kain penutup motor saya diembat sama malingnya. Duh masih untung motornya selamet. Untung sepatu pink saya gak diembat juga. Untung juga lunchbox tupperware nya Mr. M ga dibawa sekalian nangis ih cicilan tuppy nya belum lunas ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Saya sama si bude bangunin pak RT, bangunin tetangga depan rumah. Heboh itu jam 3 pagi. Sambil nangis sambil cerita, jejak kaki si maling masih anget masih keliatan jelas di lantai rumah si bude. Yang ilang hape sama duit sekian jeti. Tapi yang bikin serem kan si maling bisa masuk rumah ๐Ÿ˜จ๐Ÿ˜จ

Tetangga ngecek rekaman cctv, tapi ga bisa nangkep sosok si maling. Lalu ada polisi dateng juga. Bapak-bapak langsung senterin rumah-rumah kosong di belakang rumah saya sambil ngecek. Kayaknya si maling lompat dinding cluster lari ke sawah belakang. Nah waktu itu, baru ketahuan kalo jendela kamar belakang rumah saya udah kebuka. Kunci kaitnya dicongkel, kait sampingnya patah. Laaahh…ย  rumah saya ternyata mau digarap juga sama si maling. Gunting rumput gede yang mungkin digunakan buat ngemaling, ditemuin di deket teras belakang rumah saya. Kayak dibuang gitu aja. Selidik punya selidik, ada jejak kaki baru di teras depan tempat saya naruh motor.

image

Dhuuar!! Si maling kayaknya mau congkel jendela depan juga. Berdasarkan analisis para bapak-bapak, kayaknya sebenernya si maling mau ngegarap rumah saya. Entah mengapa, meski jendela udah kebuka lebar malingnya gak jadi masuk. Mungkin saya keburu bangun dibangunin bude itu. Atau dia ngeliat sesuatu di kamar belakang. Akhirnya si maling ngegarongnya pindah ke rumah sebelah.

Alhamdulillah, masih dilindungi Gusti Allah. Itu serem lho, gunting segede itu bisa aja dipake nujes kalo dia ketauan sama pemilik rumah. Langsung saya kejer.

Waktu cek kamar belakang dan ngeliat baju di atas kasur, ada yang nanya sambil kaget,” Pak itu baju-bajunya diobrak-abrik sama maling?”

Mr. M jawab kalem,”Enggak pak. Emang udah gitu. Istri saya kemarin lagi ngamuk.”

Maluuu neekk….ketauan kalo rumahku berantakan. Jadiiii saya abis nyuci baju kan ya. Blum sempet beresin langsung taruh di atas kasur kamar belakang gitu aja
*pencitraan istri rajin nan sholelah gagal total*
*pura pura nyamar jadi kucing garong*
*terjawab sudah, ini rumah isinya cuma gombal. Rugi kalo mau garong. Cuma dapet sempak doank.*

Hikmahnya, si maling hebat juga bisa ngumpulin para tetangga. Selama ini, tetangga sekitar kalo lewat cuma say hai,ga pernah yang ngumpul ngobrol gitu. Daaaannn saya baru tau kalo tetangga depan rumah pas, meski udah tetanggaan sekitar setaunan, tapi dia gak tau siapa nama saya dan sumamik. Blaaahhh…..
*belum tau dia kalo tetangganya ini blogger sok kece*

Kemarin, seharian rumah saya bolong jendela belum dibenerin.

Malem-malem Mr. M ngebor engsel sama selot kunci lagi buat tambahan pengaman. Pesen tralis lalalili. Masukin motor ke dalem rumah. Padahal dulu saya suka bete kalo motor masuk, karena napas saya jadi sesek.

Mr. M rada rada ngomel. Ini malingnya kampret bener, nambah nambahin kerjaan aja ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Dan semalem saya gak bisa tidur nyenyak. Masih takut!

Oh ya, spin off dikit. Malem sebelumnya, saya ngeliat pocong berdiri di depan rumah, ngeliatin rumah saya terus. Saya waktu itu dalam keadaan sadar dan ga sadar. Yang jelas, saya ketakutan banget. Saya ngerasa, Mr. M di sebelah saya baca doa. Waktu saya tanya, ada pocong ya? Dia diem aja. Lalu nyuruh saya tidur aja. Besoknya saya tanyain lagi. Ada pocong ya yang semalem ngeliatin rumah kita? Mr. M ngeiyain.

Makdezhinggg
Dhuaaarrr
Wuuaayoooo
Wooozaaahhh
Okefainbaih โœ‹โœ‹

Kalian gimana? Pernah ngalamin kejadian serupa? Ada tips pengamanan? Kayaknya selain pake teralis, mungkin mau beli cloud camera juga.

#HouseTalk : Rumah Mungil Keluarga Y

Halo, duuh ini udah Jumat keberapa ya eijk bolosh ngomongin #HouseTalk . Bhahaha….maapkeun, lagi sok sibuk di dunia nyata :p

Nah, #HouseTalk kali ini main main ke rumah Yunan dan Yeni. Yeni adalah salah satu teman kuliah saya waktu di Malang dulu. Ketemu lagi di grup whatsapp alumni, dan akhirnya japri-japrian. Kami sesama pemerhati rumah tinggal *halah*… gaaakk…maksudnya suka ngobrolin tentang rumah gituuu…kami suka bertukar info tentang interior ato wall decor ato semacam itu lah ๐Ÿ˜†

Nah, bagi yang punya rumah mungil, gak usah bersedih karena merasa rumahnya sumpek dan ga bisa diapa-apain trus trus trus rasanya berantakaan muluu karena rumah sempit tapi barangnya banyak lalu lalu lalu berakhir dengan kelelahan jiwa dan raga *tunjuk tunjuk diri sendiri* ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Yeni, berhasil menyulap rumah mungilnya menjadi hunian yang nyaman. Simple yet comfy. Gak usah terlalu keracunan ama pinterest dan instagram *lagi lagi nunjuk diri sendiri*, kita bisa kok bikin rumah terasa nyaman dengan cara sederhana.

image

1. Halo Yen, kan katanya rumah kamu mungil nih, boleh donk dibisikin untuk ukurannya?

LT 84 m2. LB 36 m2. Rumah contoh (pas beli udah +/- 60% jd), sehingga ga bs merubah denah. Merubah yg bs dirubah aja. Contoh kusen kayu dan jendela dari aluminium dirubah jadi kayu smua.

image

2. Kalau boleh tau, tema/ konsep yg diinginkan dalam menata rumah? Apa sudah tercapai?

Tema yang diinginkan sih vintage. Tapi belum tercapai smua, krn menyesuaikan dompet ๐Ÿ˜ธ๐Ÿ˜ธ๐Ÿ˜ธ

*laaah…samaan kayak eikeh donk*

3. Sudut/ruangan favorit di dalam rumah?

– Kamar tidur depan dan ruang tamu (ruang keluarga jg sih, krn belajar jg di situ)

image

Btw, itu yang lemari putih bagus deh. Fungsinya apa? Lemari biasa?

Itu lemari sepatu, kami pesan khusus menyesuaikan ukuran ruangan.

– Wall of frame

image

– Dapur

image

Btw, dapurmu kecil tapi bersih dan rapih lho. *akuu iriiiii* Itu meja makan ya?

Iyaa…karena rumah kami mungil, jadi kami harus memaksimalkan fungsi ruang. Itu papan kayu ekstensi,ย  digunakan untuk meja makan. Jika sedang tidak dipakai, dapat dilipat agar ruangan terasa lega. Oh ya, dari meja makan mini ini, sembari makan kami bisa melihat view sawah yang kebetulan ada di belakang rumah.

image

*aku fingsan*
*berasa makan romantis tiap hari*

4. Furniture favorite?

Semua yang ada di ruangan. Hahaha.

*kalo saya, naksir lemari sepatu + hiasan telepon di atasnya*

Oh, ya. Sekali lagi, untuk mensiasati rumah mungil, furniture kami harus multifungsi. Contohnya ini, di bawah dipan diberi lemari yang mirip laci untuk tempat menyimpan barang.

image

5. Hiasan favorite ?

image

image

Semuanyaaa….

6. Deskripsikan rumahmu dalam satu kalimat

“Where my happiness is”

image

7. Ada tips agar rumah mungil bisa terasa lega dan ga sumpek?

Oh ya….ada..kalo versiku sih :
– less furniture
– kurangi perabot yang tidak perlu. Dalam hal ini juga bisa memaksimalkan satu perabot menjadi beberapa fungsi. Misal seperti dipan yang dibawah ada storagenya. Lalu meja makan yang bisa dilipat saat tidak digunakan.
– barang-barang pecahan kecil (kita pasti punya donk barang seperti ini di rumah), masukkan jadi satu ke dalam storage atau kardus. Jadi kesannya rumah tidak selalu berantakan karena barang barang kecil tersebut berserakan.
-bisa juga ditempelkan cermina gantung di salah satu sudut dinding. Karena seperti kita tahu, cermin memberi kesan luas pada ruang sempit jika penempatannya tepat.
-pastikan juga sirkulasi udaranya baik, biar kondisi ruangan sehat dan tidak lembab.

image

Hihihihiiii….oke Yeniiii….. senang sekali bisa main-main ke rumahmu. Thanks a bunch karena rumahnya udah boleh diekspos dimari ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Psstttt…..mungkin bisa dicontek ya..rumah mungil sederhana tak harus menjadi mewah untuk bisa nyamanย  dihuni ๐Ÿ˜‰

#HouseTalk : Talenan Kayu

Halo…setelah tagar #PillowTalk yang ngobrolin hal absurd di malam hari, mulai minggu ini saya bakal punya satu postingan bertema untuk hari Jumat ya. Kenapa hari Jumat? Ato mungkin tagarnya diganti aja jadi #JumatKeramat ? :)))

Please say Allow to #HouseTalk.ย  Jadi, kita bakal ngobrolin segala sesuatu yang punya benang merah tentang rumah. Bukan cuma tentang #TheMuhandokosNest doank kok, tapi bakal ngobrolin hal-hal lain seputaran rumah. *yeiyelah…rumah saya masih ngutang mah not instagrammable, horah layak dipamerin* *maaf,bukan orang riya*

Kali ini saya mau ngobrolin soal talenan kayu. Beberapa teman yang sudah mengenal saya, tau donk kalo saya sedang gandrung dengan talenan kayu

*purapuraterkenal*
*apaa? Ada yang mau ngadoin saya talenannya Kemala? Mau mau mau pake banget*
*laludisambittalenanbeneransamapembaca*

 

381011392bee7b50da0234248c1dd782

Picture Taken From IG @kemalahomeliving

 

Normalnya, talenan kayu berfungsi sebagai chop chop food in the dapur. Namun bagi orang tidak normal seperti saya, talenan kayu tidak melulu buat memasak yaa… *buat nabokin kucing tetangga juga bisa* Saya lebih suka mengalihfungsikan talenan kayu ke hal-hal lain. Misalnya sebagai properti foto, alas makanan, alas foto sebagai pengganti pigura,ย  nomor rumah, atau juga buat digambarin.

 

f2fffec2142586d3b128c1baaf6625f5

Picture Taken From Pintereset

 

1f0a794aaa677ad061c0fa0de7724f41

picture taken from Pinterest

Apakah harus beli talenan mahal yang kecenya pake bingits itu?

Ah, kalo saya sih masih mengikuti selera dompet ajah :))) Talenan yang biasa saya pake harganya under 10k kok :p Ntar gimana cara kita bikin dia bisa jadi VIP aja.. *doohh bahasamuu*

Jadi, mari kita lihat kegunaan talenan kayu versi saya :

Sebagai alas makanan.
Ah, lumanyun kan selain dipake buat alas juga bisa dipake buat pepotoan. Lupakan rasa, fotoin dulu :p

 

 

Sebagai alas foto pengganti pigura.ย  Sebagai alas gambar, sebagai hiasan rumah.

 

 

Jadi, gimana, ada yang lagi gandrung talenan kayu sama seperti saya gak?